Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube
Pertanyaan soal biaya menjadi pertanyaan pertama yang sering diajukan jika akan berwisata ke daerah atau negara lain. Padahal biaya liburan sangat tergantung dengan itinerary yang kita buat, juga fasilitas seperti apa yang kita inginkan. Semakin lama dan sebanyak banyak objek wisata berbayar yang kita kunjungi, semakin besar pula biaya yang harus kita sediakan.

Untuk memberi gambaran berapa biaya liburan ke Hong Kong bersama anggota keluarga, dan bagaimana menyikapi biaya-biaya besar tersebut, berikut ulasan saya:




1. Biaya tiket Ke Hong Kong
Biaya tiket ke Hong Kong sangat dipengaruhi oleh kapan kita berangkat dan juga maskapai yang kita pilih. Untuk Garuda Indonesia, setiap tahun mereka mengadakan promo Garuda Indonesia Travel Fair yang biasanya menjual tiket Pergi Pulang Jakarta- Hong Kong dengan harga Rp. 2.500.000 - Rp. 3.000.000/orang. Enaknya jika menggunakan Garuda Indonesia, kita bisa melakukan penerbangan langsung. Maskapai seperti Air Asia dan Malaysia Air juga menjual dengan harga sekitar itu bedanya kita harus transit di Malaysia.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Ke Hongkong Berdasarkan Pengalaman


2. Biaya Hotel di Hong Kong
Tarif hotel di Hong Kong tentu bervariasi, tergantung jenis kamar, lokasi dan juga fasilitas. Walau demikian jika mau dirata-ratakan, untuk tarif hotel yang lumayan dan bisa menampung 2 dewasa dan 2 anak-anak, tarifnya berkisar antara 1,5 jutaan hingga 3 jutaan per malam. Tarif hotel ini tidak termasuk sarapan.

3. Tiket Objek Wisata
Biaya lain yang harus diperhitungkan adalah tiket masuk objek wisata. Taman Hiburan seperti Disneyland Hong Kong dan Ocean Park menguras biaya yang cukup besar. Sebaiknya lakukan pembelian tiket taman hiburan seperti Disneyland dan Ocean Park melalui online. Selain ada diskon khusus, juga akan menghemat waktu karena tidak perlu antri lagi untuk membeli tiket.

Saat ke Hong Kong, kami membeli hampir semua kebutuhan tiket objek wisata melalui online yaitu Klook. Anda bisa mengecek harga tiketnya melalui laman berikut.

Misalkan Harga tiket Peak Tram+Madame Tussauds dan Sky Terrace adalah HKD230 atau 400.000rban (Kurs Rp.1.750/HKD). Lalu harga tiket Ocean Park HKD438 atau Rp 800.000 dan tiket Disneyland Hong Kong HKD 589 atau Rp. 1.jutaan. Harga tiket masing-masing objek wisata yang detail akan saya ulas lebih lanjut di tulisan lainnya.

Sebaiknya padukan antara objek wisata berbayar dan objek wisata gratis. Nanti saya akan mengulas berbagai objek wisata gratis yang ada di Hong Kong termasuk taman-taman yang dilengkapi playground dan atraksi menarik lainnya.

4. Uang Makan
Soal makanan tentu saja sangat tergantung dengan pilihan menu yang anda nikmati. Ketika ke Hong Kong salah satu item yang bisa kita hemat adalah soal makanan. Kami sengaja membawa rice cooker mini dan juga beras untuk sarapan. Kami juga biasanya memasukkan jatah makan siang ke tempat makan sebelum ke objek wisata. Sehingga kami hanya membeli lauk saja. Ingat bahwa fast food seperti KFC di Hong Kong sangat berbeda dengan KFC yang ada di Indonesia.

5. Uang Oleh-oleh
Item biaya ini tidak begitu penting tetapi memakan biaya yang sangat banyak. Maklum namanya oleh-oleh pasti selalu kita beli, tetapi seberapa hemat kita akan ditentukan oleh seberapa mampu kita mengurangi belanja oleh-oleh ini.

6. Biaya Tak Terduga
Ada saja biaya tak terduga yang mesti kita keluarkan. Misalkan, saat mengunjungi Ocean Park kami dengan yakin tidak akan membeli souvenir berupa foto yang diambil oleh Ocean Park. Tetapi setelah fotonya jadi dan dibingkai dengan cantik, rasanya tak tega jika souvenir tersebut tidak kita beli. Demikian halnya dengan Disneyland. Selalu saja ada yang ingin kita beli walau sebenarnya tidak kita rencanakan sebelumnya.

Nah, itulah beberapa item biaya yang harus dipikirkan saat akan liburan ke Hong Kong. Soal berapa banyak biaya yang akan kita habiskan di Hong Kong sangat tergantung dengan kita. Tetapi jika ingin dirata-ratakan maka biaya yang kita butuhkan untuk liburan 2 orang dewasa dan 2 orang anak-anak untuk 4 hari 3 malam adalah Rp. 30 jutaan hingga Rp. 50jutaan. Berapa jumlah pastinya hanya Anda yang tahu mana yang akan anda boroskan dan mana item yang Anda hemat.

 


Click to comment