Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube
Hari yang ditunggu-tunggu seluruh anggota keluarga kami tiba. Kami akan terbang ke Hong Kong menggunakan maskapai Garuda Indonesia pada jam 12 malam. Sengaja saya memilih penerbangan malam--bukan hanya karena harga tiketnya yang lebih murah--juga karena berharap itu jam tidur anak-anak sehingga bisa tidur pulas di pesawat. Dan dengan terbang tengah malam, kami akan tiba di Hong Kong pagi-pagi banget, sehingga kami bisa langsung memanfaatkan hari tersebut untuk berjalan-jalan.

Tiba lebih awal di Bandara Soekarno Hatta adalah tips pertama yang kami terapkan. Jam 9 malam kami sudah ada di terminal 3 Ultimate yang baru dan megah itu. Setelah memasukkan satu koper ke petugas bagasi kami pun mengajak anak-anak makan malam di Bandara.

Lanjut setelah itu kami pun langsung melakukan proses imigrasi dan masuk ke ruang tunggu. Sempat ada kendala karena kami membawa air minum yang dalam penerbangan internasional dibatasi. Tapi karena memiliki alasan kuat jika kami membawa balita yang membutuhkan hal tersebut untuk membuat susu, akhirnya petugas pun memperbolehkan.

Sampai di ruang tunggu, anak-anak semakin bersemangat karena mendapati playground yang bisa diakses secara gratis. Semakin malam tampaknya anak-anak semakin bersemangat. Dan terus bermain-main hingga pengumuman naik ke pesawat mulai terdengar.

Di atas pesawat tidak ada kejadian yang penting. Semua penumpang mendapatkan kaos kaki, penutup mata untuk tidur, juga penyumbat kuping. Dan anak-anak mendapatkan boneka maskot Garuda Indonesia. Boneka ini biasanya juga diberikan oleh Garuda untuk penerbangan domestik. Pemberian boneka di atas pesawat sangat membantu karena bisa menjadi alternatif mainan anak-anak.

Penumpang juga mendapatkan jatah makan malam. Karena pembagian makan malam ini saat anak-anak sudah tidur, alhasil makanan kami pindahkan ke wadah tupperware yang sudah kami siapkan sebelumnya. Tips Kedua ini penting, yaitu selalu siapkan tupperware kosong untuk wadah makanan. Anak-anak akhirnya menikmati makanan ini saat kami tiba di hotel.

Tiba di bandara Hong Kong sedikit terjadi drama. Kami tidak menemukan stroller yang kami titipkan saat akan naik ke pesawat.  Stroller sengaja tidak kami masukkan bagasi, karena kami gunakan hingga ke pintu pesawat. Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, akhirnya barulah kami menemukan stroller yang diletakkan tidak jauh dari conveyor pengambilan barang. Hujan yang mengguyur Hong Kong pagi itu, membuat koper dan stoller kami basah.

Oh ya, jangan lupa saat tiba di Hong Kong langsung membeli smartcard Octopus yang akan memudahkan jalan-jalan kita ke Hong Kong. Jika tak mau repot, sekalian aja langsung top up beberapa dollar Hong Kong, yang bisa kita gunakan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan kecil di minimarket, sehingga kita tidak perlu direpotkan dengan uang kembalian jika membeli secara cash di minimarket.

Tempat pembelian tiket Octopus di Bandara Hong Kong.

Menuju JJ Hotel Wanchai

Selanjutnya perjalanan kami lanjutkan menuju hotel. Sempat kami kebingungan akan menggunakan transportasi apa dari Bandara Hong Kong ke JJ Hotel. Setelah berhitung, paling murah dan sederhana adalah menggunakan bus bandara. Bus bandara dilengkapi dengan tempat penyimpanan koper. Juga merupakan bus double decker sehingga kami bisa merasakan naik bus tingkat sembari menyaksikan pemandangan kota Hong Kong.

Panorama Hong Kong dari atas bus bandara

Dari bandara Hong Kong kami ke JJ Hotel kami menggunakan bus A11 dan nantinya akan turun ke halte nomor 11. Naik bus di Hong Kong cukup mudah. Kita cukup dari dari pintu depan tepat di dekat sopir. Lalu mentap kartu octopus. Untuk turun, diatas tempat duduk kita terdapat tombol khusus yang bisa kita pencet untuk memberitahukan supir. Sedangkan lokasi bus dan halte yang akan dituju terlihat pada layar yang ada di depan. Jadi cukup ingat nomor halte tempat kita turun.

Satu hal yang harus di ingat, halte di Hong Kong hanyalah sebuah area yang sudah diberi kotak khusus. Bukan halte yang dilengkapi dengan kursi tunggu dan atap.  Dari Bandara Hong Kong ke JJ Hotel, lama perjalanan sekitar 30 menit.

Alternatif lain menuju hotel dari Bandara, terutama jika hotel yang ditinggali dekat stasiun adalah menggunakan Express Train. Anda bisa melihat harga tiketnya di sini.

Mulai Berpetualang di Hong Kong

Setelah istirahat sejenak di lounge hotel dan menitipkan koper, kamipun berangkat ke Kantin Islamic Centre Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick untuk menjajal dimsum halalnya yang terkenal itu.

Puas dari sana, kami pun melanjutkan perjalanan ke The Peak, Madame Tussauds, dan Sky Terrace. Kami naik MTR dari stasiun Wanchai ke Stasiun Central yang ditempuh sekitar 10-15 menit saja. Kami juga sempat menikmati taman di samping Prince's Building.

Catatan mendalam dari jalan-jalan kami ke The Peak, Madame Tussauds dan Sky Terrace nanti kami ceritakan di tulisan tersendiri.  Untuk melihat video-video perjalanan kami di Hong Kong bisa dilihat di laman Youtube kami berikut ini.