Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube
Secara umum ada dua cara untuk memonetize video-video youtube kita. Cara pertama adalah langsung memonetize dengan akun adsense atau menggunakan cara kedua yaitu bekerjasama dengan Multichannel Network atau yang biasa disebut MCN.

Secara sederhana MCN adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Youtube untuk mengelola akun-akun youtube yang bekerjasama dengan mereka. Ringkasnya, sebuah MCN akan menangani pembayaran banyak channel youtube. Penghasilan youtube kita yang dibayarkan Google terlebih dahulu akan dipegang mereka dan lalu MCN-lah yang akan membayar ke kita tentu saja setelah dipotong oleh MCN.

Proporsi jumlah potongan yang dilakukan MCN bervariatif. Kisarannya biasanya 35-40 persen. Lalu masuk akalkah potongan ini? Tergantung MCN nya seberapa banyak fasilitas yang disedikan mereka untuk akun youtube yang bergabung dengan mereka.

Paling standar MCN akan menyediakan banyak sumber lagu melalui epidemic yang bisa diakses oleh pengguna secara gratis. Mereka juga biasanya akan menjanjikan hasil pencarian youtube kita lebih baik karena akan menggunakan tag yang lebih baik. Untuk klaim yang kedua in menurut saya tidak bisa diukur.

Nyatanya banyak youtuber yang bergabung dengan MCN subcriber dan views mereka tidak juga besar.

Untuk pembayaran, biasanya MCN akan membayar dua bulan dari tanggal bergabung. Jadi misalnya kita bergabung di bulan Mei 2018, maka MCN baru akan melakukan pembayaran di bulan Agustus 2018.

Pengalaman Bergabung Dengan MCN BBTV

 Sebelum bergabung dengan MCN menurut saya yang harus dipelajari dengan saksama adalah membaca setiap ketentuan termasuk yang paling penting bagaimana cara berhenti atau memutuskan kerjasama kita.

Bagian kedua yang perlu Anda pikirkan adalah manfaat bergabung dengan MCN? Sebelum bergabung tentukan dulu manfaat apa yang ingin Anda dapatkan dengan bergabung MCN? Jika ingin mendapatkan support yang baik, saran saya cari MCN yang komunikasinya intens dan mudah dihubungi. Dan sebagainya.

Untuk pembayaran saya tidak mengeluhkan selama bergabung dengan BBTV yang melakukan pembayaran dengan paypal.

Hanya saja menurut saya hampir tidak ada gunanya bergabung dengan MCN karena support mreka yang tidak aktif.  Ketika bergabung saya berharap mereka akan rutin memandu saya agar channel bisa lebih menarik banyak penonton. Nyatanya tidak ada sama sekali komunikasi dengan mereka.

Bagian paling merugikan saat bergabung dengan MCN BBTV adalah saat akan menyudahi kerjasama. Saya bergabung dengan BBTV selama hampir 2 tahun. Nyatanya saat akan menyudahi kerjasama, pembayaran saya selama dua bulan terakhir tidak ditransfer oleh mereka.

Proses pemutusan kerjasama yang saya lakukan melalui dashboard Youtube pun memakan waktu lebih dari sebulan. Karena itu menurut saya sebaiknya sebelum bergabung dengan MCN pelajari dulu apa tujuan anda bergabung dan kedua pelajari setiap detil hak dan kewajiban Anda.

Click to comment