Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube

Biaya tiket pesawat, hotel, tiket atraksi wisata dan juga menjadi tiga item biaya yang paling banyak mengeluarkan biaya. Maka agar liburan keluarga bisa lebih hemat biaya, maka poin tiket pesawat kita harus maksimalkan mendapatkan harga yang paling murah.


Baca : Review Hotel di Hongkong

Sejak awal merencanakan liburan ke Hong Kong, maskapai Garuda Indonesia memang telah menjadi incaran kami. Selain karena sudah familiar dan lebih nyaman dengan maskapai negara sendiri, tentu saja karena harganya juga tidak begitu mahal jika dibeli di event khusus Garuda Indonesia.

Kami mendapatkan tiket yang lumayan murah menggunakan Garuda Indonesia di event Garuda Indonesia Travel Fair.  Harga yang kami dapatkan adalah Rp. 2.700.000-an pulang pergi. Harga ini terbilang cukup murah karena jika diluar travel fair harga 2.700.000-an hanya untuk sekali jalan. Kelebihannya jika menggunakan pesawat Garuda Indonesia kami tidak perlu transit—walaupun ada penerbangan Garuda yang transit.

Untuk Anda yang ingin membeli tiket ke Hong Kong pada ajang Garuda Indonesia Travel Fair (GATF), jika ingin mendapatkan harga lebih murah tentu saja menggunakan kartu kredit yang bekerjasama dengan penyelenggara pameran. Tetapi jumlahnya dibatasi. Sehingga bila Anda ingin mendapatkan opsi ini sebaiknya mempersiapkan mental untuk antre paling depan sebelum travel fair buka.

Walaupun demikian, sebenarnya dengan menggunakan pembayaran cash pun, harga tiket Garuda Indonesia di GATF sudah cukup murah. Untuk mendapatkan tiket murah ini, kita cukup datang pada saat happy hour. Usahakan untuk datang sebelum happy hour dan sudah mengambil kursi di loket penjualan tiket menjelang happy hour.  Pengalaman kami, antara satu agen tiket dengan agen tiket lain walau sama-sama berjualan di GATF dan sama-sama happy hour, tetapi harganya bisa berbeda.  Sebaiknya, jika dirasa harga yang diberikan terlalu tinggi dari harga patokan, sebaiknya tanyakan ke agen tiket lainnya.


Saat artikel ini saya tulis (Agustus 2018), Garuda Indonesia juga rutin mengadakan GATF versi online. Harganya juga tidak jauh-jauh beda. 

Penyelenggaraan travel fair GATF dua kali dalam setahun.  Kami membeli tiket ke Hong Kong untuk berangkat Juli 2017 pada GATF bulan Oktober 2016.  Untuk mendapatkan informasi awal penyelenggaraan Garuda Indonesia Travel Fair, sebaiknya aktif mengikuti melalui sosial media Garuda Indonesia.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah pilihan waktu liburan. Jika Anda menginginkan liburan di bulan Maret misalnya, sebaiknya membeli tiket di GATF penyelenggaraan bulan Juli.  Karena biasanya jika ingin membeli pada penyelenggaraan di akhir tahun, tiket untuk awal tahun berikutnya sudah habis.

Kami membeli tiket di Garuda Travel Fair saat si kecil belum memiliki paspor. Berbeda dengan perjalanan menggunakan agen perjalanan, kita wajib menyertakan paspor saat pemesanan tiket. Hanya saja, saat memesan tiket, penjual sangat mewanti-wanti kami agar nama yang kami berikan tidak boleh berbeda dengan paspor, karena mengubah nama di tiket akan sangat sulit, walaupun hanya perbedaan satu huruf.

Selain menggunakan maskapai Garuda Indonesia, penerbangan lainnya yang tanpa transit adalah Cathay Pasific dan China Airlines. Biasanya penerbangan ini juga punya kegiatan-kegiatan promo. Dan pada saat promo itulah biasanya dijual tiket dengan harga yang pas di saku.

Untuk Anda yang tidak masalah dengan penerbangan transit misalnya di Singapura atau Kuala lumpur, bisa mencoba mencari informasi penerbangan lain dari Jakarta – Hong Kong bisa dicek pula Malaysia Airways, Air Asia, Jet star, Malindo, Royal Brunei, Thai Airways dan Tiger Air.
Kisaran harga yang lumayan murah biasanya dari Jetstar yang berkisar Rp. 800rb-an untuk tiket Jakarta-Hongkong, kemudian Malaysia Airlines yang menjual tiket Rp. 1 jutaan untuk rute Jakarta-Hong Kong.

Dari hal yang saya amati, biasanya untuk Malaysia Airlines dan Jetstar, tanpa ada promo pun sudah cukup murah. Adapun Air Asia, kita bisa memanfaatkan event-event travel fair mereka. 

Tips Mencari Tiket Pesawat Murah

1.    Tentukan terlebih dahulu apakah ingin penerbangan transit atau langsung.
2.    Pesan tiket jauh hari-jauh hari. Karena itu penting untuk memiliki estimasi waktu keberangkatan sebelum mencari tiket. Jangan lupa, bahwa tiket murah biasanya pada waktu-waktu yang tidak termasuk musim liburan, jadi bersiaplah untuk mengajukan cuti.
3.    Datanglah ke berbagai even pameran terutama yang diselenggarakan oleh maskapai.  Pada kegiatan tersebut, Selain bisa mengecek harga tiket kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi penting hal-hal yang kita butuhkan saat liburan. Kami mendapatkan berbagai panduan objek wisata Hong Kong dari berbagai pameran, sehingga kami sudah memiliki gambaran awal mengenai objek wisata tujuan kami. Tak jarang, even pameran tersebut juga diramaikan oleh stand resmi Pariwisata Hong Kong.
4.    Selalu bandingkan harga pameran dan juga harga pembelian online untuk mendapatkan harga terbaik.

Catatan
Datang ke berbagai travel fair, terutama  travel fair besar sebaiknya dilakukan. Ada banyak penawaran di  sana. Termasuk berbagai panduan gratis hingga kartu telepon gratis yang bisa saya dapatkan dari melihat lihat berbagai travel fair.

Click to comment