Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube
PASPORT
Sambil mempersiapkan dana liburan, kami pun mulai mempersiapkan hal-hal lainnya yang akan kami butuhkan untuk family traveling ini.  Hal pertama dan utama tentulah paspor. Kami mengurus paspor untuk si kecil jauh-jauh hari sebelum berangkat.  Tidak ada kesulitan yang berarti saat mengurus paspor, kecuali sedikit “drama” si kecil yang memang agak sulit di foto.

Alhasil waktu pengambilan foto untuk paspor memerlukan waktu yang cukup lama serta berbagai macam bujukan. Selain itu, proses pengambilan fotonya pun sambil dipangku, karena si kecil yang berusia 2,5 tahun menolak untuk duduk sendiri.  Untunglah petugas imigrasi yang mengambil foto si kecil tampak sudah terbiasa dengan kerumitan tersebut. Dia pun cukup sabar menunggu si kecil tenang dan siap untuk difoto.

Syarat dan cara mengurus paspor tidak kami uraikan di buku ini, karena hal tersebut dapat diperoleh dengan mudah di situs imigrasi Indonesia.  Bagian yang perlu menjadi catatan saat mengurus paspor adalah sediakan seluruh persyaratan yang diminta termasuk fotocopy-nya. Karena seringkali pengajuan paspor menjadi lama karena ada syarat yang belum dilengkapi atau fotocopyannya tidak lengkap.

Selain itu, mengantre sejak pagi menjadi sedikit kesulitan terutama buat Anda yang bekerja. Untunglah saat ini, Imigrasi telah mengeluarkan kebijakan pendaftaran antrean paspor melalui whatsapp yang berlaku di 26 kantor imigrasi.

Dengan sistem ini, kita hanya perlu datang disaat waktu yang telah ditentukan, dan tidak perlu antre terlalu lama.


PERLUKAH VISA ?
Wisatawan asal Indonesia tidak membutuhkan pengajuan visa untuk masuk ke Hong Kong. Ada sedikit yang berbeda saat tiba di imigrasi Hong Kong, yaitu paspor tidak distempel. Kita hanya akan mendapatkan kertas kecil yang menjadi visa kita masuk ke Hong Kong.

COLOKAN LISTRIK
Bentuk colokan listrik yang ada di Hong Kong sangat berbeda dengan bentuk colokan listrik di Indonesia. Karena itu dibutuhkan adapter. Colokan listrik di Hong Kong mengunakan 3 kaki, sedangkan di Indonesia 2 kaki.  Saat ini banyak dijual adapter universal yang juga memiliki colokan usb, sehingga untuk charger handphone cukup membawa kabel tanpa perlu membawa colokannya.

Dalam perjalanan di Hong Kong kami membawa 2 adapter colokan listrik.  Satu colokan kami gunakan khusus untuk rice cooker, dan satu colokan lainnya kami gunakan untuk mencharge berbagai gadget yang kami bawa seperti handphone, power bank, kamera hingga router.  Karena banyaknya gadget yang harus dicharge dalam waktu bersamaan kami juga membawa colokan khusus usb yang memungkinkan charge 6 gadget sekaligus.

Ada banyak jenis adapter colokan di toko online, sehingga tidak sulit menapatkannya.



KONEKSI INTERNET

Koneksi internet menjadi salah satu kebutuhan penting kami saat di Hong Kong. Sempat ingin menggunakan tourist sim card yang bisa dibeli online, tetapi karena repot harus memasukkan kartu akhirnya memilih untuk menggunakan router 4G. Kelebihan router adalah bisa di-share hingga empat perangkat. Koneksinya pun cepat karena 4G.

Router bisa disewa di Hong Kong melalui online yang nantinya akan kita ambil di bandara Hong Kong atau menyewa  di Indonesia. Kami memilih untuk menyewa di Indonesia dan langsung kami aktifkan saat tiba di bandara Hong Kong.   Harga sewa router adalah 85.000/hari.

Kami melakukan booking penyewaan router jauh-jauh hari sebelum berangkat. Hal ini untuk mengantisipasi router yang diinginkan sedang kosong saat akan berangkat. Walaupun memesan jauh-jauh hari, router baru diantarkan ke alamat kami sehari jelang keberangkatan.

Kelebihan menyewa router dari Indonesia, kita bisa langsung menggunakan saat tiba di Hong Kong karena router sudah kita bawa. Adapun jika menyewa online dan pick up di bandara Hong Kong kita harus mengambil dulu di konter mereka di Bandara. Kelebihannya adalah jika terjadi masalah, bisa cepat diatasi karena penyewaannya ada di Hong Kong.

Bagi Anda yang tetap ingin menggunakan kartu lokal, bisa membeli kartu GSM 4G atau 3G yang nantinya di pickup di Bandara Hong Kong. Harga kartu ini HKD88 atau sekitar Rp. 100.000-an. Dengan kartu ini, kita bisa menggunakan layanan data 5 hari 4G 1,5 GB atau layanan data 3G unlimited.

Sebenarnya kartu telepon kita di Indonesia bisa didaftarkan paket roaming internasional. Tetapi dari hasil pencarian kami, harganya jauh lebih mahal.

Berikut perbandingan kelebihan dan kekurangan antara router sewa di Indonesia, router sewa di Hong Kong dan juga penggunakan kartu simcard Hong Kong.

Sebagai perbandingan, untuk Anda yang ingin menggunakan SIM Card Anda bisa melihat harganya di situs klook yang bisa dibeli online dan diambil di bandara Hong Kong.

 Sedangkan buat Anda yang ingin menyewa router 4G bisa melihat harganya di sini 


SEWA STROLLER
Karena tidak memiliki stroller khusus untuk traveling yang bisa diringkas hingga menyerupai tas, akhirnya kami memilih untuk menyewa. Banyak sekali jasa penyewaan stroller dengan harga yang sangat terjangkau.  Kami memilih stroller yang tidak terlalu berat tetapi tetap bisa dipakai baring (bukan hanya posisi duduk), mengingat anak kedua kami masih membutuhkan tidur siang. Dan tentu saja, agar kami tidak repot menggendong dengan banyaknya perbekalan yang dibawa.

Harga sewa stroller yang kami gunakan adalah 125.000/minggu. Kami menyewa selama 2 minggu  karena kebetulan juga mau digunakan liburan sebelum ke Hong Kong. Juga terdapat biaya pengantaran dan pengambilan sebesar 100rb.

Walau ada persewaaan stroller di Hong Kong, sebaiknya sewalah stroller sejak dari Indonesia. Toh, stroller juga bisa digunakan saat di bandara. Bahkan anak-anak bisa tidur di strollernya dengan nyaman saat menunggu pesawat.

Ada sangat banyak varian stroller yang ada di persewaaan.  Dalam memilih stroller yang ingin disewa, sebaiknya pilihlah stroller yang cukup ringan. Stroller yang kami gunakan beratnya sekitar 5 kg.  Memang kelemahan stroller yang ringan, kita tidak bisa menggantungkan banyak barang atau belanjaan di stroller. Walaupun demikian tidak jadi masalah, karena stroller yang kita bawa traveling fokusnya untuk kenyamanan anak-anak.  Solusinya, bawa tas ransel yang bisa dimanfaatkan untuk memasukkan barang-barang belanjaan.

Pilih juga stroller yang mudah dilipat-buka bahkan cukup dengan satu tangan. Ini penting karena seringkali kita harus bergerak cepat melipat stroller terutama saat di stasiun MTR.

Stroller juga sebaiknya bisa digunakan dalam posisi tiduran, sehingga anak-anak bisa menggunakan strollernya untuk tidur siang. Dan satu hal lagi, tak perlu membawa bagian printilan strolller yang tidak begitu bermanfaat. Stroller yang kami gunakan memiliki tempat botol minum yang ada di pinggirannya, tetapi tempat botol ini kami lepas dan tidak ikut dibawa karena cukup mengganggu saat stroller akan dilipat.

Bagaimana dengan baby carrier atau gendongan. Opsi gendongan tampaknya lebih cocok untuk yang berusia di bawah 2 tahun. Dan walau membawa gendongan, stroller sebaiknya tetap dibawa terutama untuk menikmati berbagai objek wisata yang ada di Hong Kong.

Walau di Disneyland dan Ocean Park terdapat tempat penyewaan stroller, tetapi stroller milik mereka adalah stroller plastik yang tanpa alas, sehingga cukup keras untuk anak-anak usia 2-3 tahun. Stroller yang disewa di theme park, lebih cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas.

Bagaimanakah membawa stroller saat di pesawat? Saat check in dan memasukkan bagasi, stroller tidak perlu kita masukkan ke bagasi, tetapi nantinya stroller akan dipasangangi tag  oleh petugas check in sebagai bukti kepemilikan kita.  Pernah juga, tag pada stroller baru dipasang oleh petugas gate saat kami akan masuk pesawat melalui garbarata.

Nantinya stroller akan diambil oleh petugas bandara saat akan masuk ke pintu pesawat. Oleh petugas, jika tidak ada ruang yang tersedia di kabin, stroller akan ditempatkan di bagasi. Itulah sebabnya setelah sampai, stroller harus kita ambil di bagian bagasi tetapi tidak melalui conveyor  seperti bagasi pada umumnya. Biasanya stroller akan ditumpuk bersama dengan stroller penumpang lainnya.

Walaupun demikian, ada pula maskapai yang langsung memberikan stroller kita begitu keluar dari pesawat. Sebaiknya, jangan ragu menanyakan ke awak kabin mengenai tempat pengambilan stroller.


MENUKAR UANG DOLLAR HONG KONG

Mata uang yang berlaku di Hong Kong adalah Dollar Hong Kong (HKD). Mata uang ini cukup banyak tersedia di hampir semua tempat penukaran uang (money changer).  Hampir tidak ada kesulitan saat menukar uang ke dollar Hong Kong.  Kami menukar uang di money changer yang memiliki ijin khusus dan cukup besar. Biasanya money changer kecil juga akan menukar uang di money changer berijin ini. Kursnya lebih bagus dibanding money changer biasa. Fakta ini saya ketahui saat antre menukar uang dan mengobrol dengan orang-orang yang juga antre yang ternyata tak sedikit dari mereka membuka uang money changer di mal.

Bedanya, di money changer kecil, proses transaksi akan berlangsung singkat dan tidak perlu mengisi form apapun. Sedangkan di money changer besar jika kita baru pertama kali melakukan penukaran maka kita akan diminta mengisi form termasuk memasukkan data NPWP.

Selain melalui money changer, kita juga bisa menukar uang melalui bank. Tetapi karena menukar uang ke money changer lebih simple, opsi menukar uang di bank tidak kami lakukan. Jika di bank tentu akan sedikit lama karena kita harus antre dengan konsumen lainnya jika dibutuhkan pengisian form sebelum menukar.

Money changer ini melayani pertanyaan seputar kurs melalui telepon. Jika kita setuju kurs yang ada pada saat menelpon, kita harus mengungkapkan jika kita meminta “dikunci” dikurs tersebut dan akan segera datang. Jika kita tidak ungkapkan keinginan untuk setuju dikurs tersebut, saat datang dan kursnya turun, maka kita harus mengikuti kurs baru.

Demikian halnya menukar sisa dollar Hong Kong kami lakukan di money changer ini. Harganya cukup baik. Kami membeli pada kurs Rp. 1.730 dan menjual pada kurs Rp. 1.710.

Saat menukar uang, sebisa mungkin tukarlah dengan pecahan yang kecil. Kami menghindari pecahan HKD1000 karena mendapatkan informasi jika beberapa toko lokal menolak pembayaran dengan pecahan ini. Benar atau tidaknya tidak kami buktikan. Kami pun menukar dalam pecahan tertinggi HKD500 serta beberapa pecahan kecil seperti HKD100, HKD10 dan juga HKD5.

Satu hal lagi yang harus diketahui mengenai mata uang Hong Kong adalah adanya beberapa versi gambar uang walaupun pecahan yang sama.  Berbeda dengan Indonesia yang mata uangnya hanya dikeluarkan oleh Bank Indonesia, mata uang Hong Kong diterbitkan oleh tiga bank komersial yaitu HSBC, Standard Chartered Bank dan Bank of China. Walaupun demikian semuanya tetap berlaku.

Pecahan uang kertas Hong Kong terdiri dari pecahan HKD10, HKD20, HKD50, HKD100, HKD500 dan HKD1000. Selain itu juga terdapat uang koin pecahan sen yaitu 10c, 20c dan 50c disamping pecahan HKD1, HKD2, HKD5 dan HKD10.

Walaupun di bandara Hong Kong terdapat penukaran uang, sebaiknya lakukan penukaran uang sejak di Indonesia.  Di Hong Kong juga terdapat ATM sejumlah bank Indonesia seperti BCA, BNI dan juga Bank Mandiri yang letaknya ada di dekat KBRI. Tetapi untuk memaksimalkan waktu untuk liburan, sebaiknya telah membawa dollar Hong Kong dalam jumlah yang cukup.



KARTU OCTOPUS
Kartu octopus adalah smartcard andalan Hong Kong. Mirip dengan e-money lah. Bedanya kartu octopus penggunaannya sangat luas.  Kartu ini bisa digunakan untuk berbelanja dan juga terutama untuk membayar berbagai biaya moda transportasi yang kita gunakan di Hong Kong.  Bahkan jika tak suka mengantongi banyak uang cash terutama pecahan koin yang sering menjadi kembalian saat berbelanja di minimarket, lebih baik membayar dengan octopus card.

Kartu octopus bisa ditopup dengan banyak cara. Misalnya melalui mesin-mesin topup otomatis atau melalui gerai berbagai minimarket /convenience store yang tersebar di Hong Kong. Kami sempat mencoba melakukan top up melalui mesin topup di stasiun MTR dan tidak ada kesulitan berarti. 

Adapun untuk membeli kartu octopus pertama kali, bisa dilakukan di bandara saat pertama datang. sebenarnya octopus card juga bisa dibeli secara online, hanya saja untuk kartu octopus yang dibeli secara online adalah kartu khusus untuk turis, dimana sisa saldo yang ada tidak dapat direfund. Jadi menurut kami lebih baik membeli kartu octopus di bandara saat pertama tiba di Hong Kong.  Kecuali anda ingin menjadikan kartu octopus Anda sebagai kenang-kenangan.

Anda bisa mengecek harga Octopus Card 

Dari pengalaman kami liburan membawa anak dan balita ke Hong Kong, jika semua hal tadi kita siapkan dengan baik, maka tidak akan ada kendala berarti yang bisa merusak liburan kita.



Click to comment