Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube

Dua hotel yang kami tempati di Hong Kong, keduanya dipesan melalui booking.com. Dibanding dengan jasa pemesanan hotel online lokal, booking.com harganya lebih murah karena ada opsi pemesanan tanpa pembatalan. Sedangkan untuk pemesanan hotel online lokal, tidak ada opsi pemesanan tanpa pembatalan.

Walaupun demikian, tak jarang pemesanan hotel lokal juga lebih murah. Karena itu selalu bandingkan harga hotel di berbagai tempat pemesanan hotel sebelum memutuskan akan memesan melalui jasa pemesanan yang mana.  Penting juga membandingkan harga tiket melalui jasa pemesanan online dengan pemesanan langsung ke pihak hotel demi mendapatkan harga terbaik.

Sebelum memutuskan akan memesan hotel pastikan untuk membaca dengan jelas mengenai opsi pembayaran, cara pembayaran dan fasilitas yang ada. Jika ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk menghubungi tempat pemesanan hotel. 

Semua hotel yang kami pesan di Hong Kong tanpa fasilitas sarapan. Lumayan lebih murah dibandingkan menambahkan opsi sarapan gratis di hotel.

Pengalaman Memesan Melalui Booking.com

Walau namanya pemesanan tanpa pembatalan, sebenarnya hotel yang dipesan bisa dibatalkan asalkan waktunya lebih dari seminggu dari tanggal akan ditempati. Misalnya saja, kami memesan hotel untuk tanggal 4 Juli. Karena kami pesan sejak jauh hari, jika kami mau membatalkannya diawal Juli, maka masih boleh dan tidak ada biaya. Dan ini kami lakukan karena sempat ada perubahan itinerary.

Kekurangan booking.com hanya satu yaitu opsi pembayaran hanya boleh dengan kartu kredit. Sehingga limit kartu kredit harus mencukupi. Kendala ini sempat kami alami karena hotel Disneyland Explorer Lodge yang kami pesan harganya 5jutaan, sedangkan limit kartu kredit kami hanya Rp. 5jt.
Untungnya, untuk kartu kredit BCA kita bisa mengajukan kenaikan limit sementara dengan periode selama 3 bulan.  Prosesnya sangat cepat karena hanya butuh waktu 1x24 jam, dan limit kartu kredit pun sudah naik 2x lipat.

Untuk sistem pembayarannya sendiri, saat kita telah pesan hotel, maka pihak kartu kredit akan men-hold dana tersebut di kartu kredit kita, walaupun belum ditagihkan. Nanti setelah tanggal batas pembatalan barulah secara otomatis akan tertagihkan ke kartu kredit.
Saat di Hong Kong pun ada dua metode. Di  JJ Hotel, kartu kredit harus di swipe untuk otentifikasi. Sedangkan di Disney Explorer Lodge kartu kredit sama sekali tidak perlu di swipe. Walaupun demikian, kedua hotel di Hong Kong yang kami tempati sangat simple dalam proses check in dan juga check out.
***

Pengalaman Di Hotel Hong Kong

Kami tiba di JJ Hotel pukul 09.00 waktu setempat. Padahal waktu chek in adalah pukul 13.00. Tapi jangan khawatir, semua pengelola di hotel sudah paham mengenai penitipan bagasi.  Demikian halnya saat kami di JJ Hotel.  Resepsionis langsung meminta koper besar kami untuk disimpan tanpa perlu kami mintai tolong. Iapun dengan sigap mempersilahkan kami istirahat di bagian lounge.


Demikian halnya saat di Disney Explorer Lodge, mereka memiliki ruangan untuk menitipkan koper baik saat kita sebelum check in maupun setelah kita check out.  Bisa dibilang, hotel-hotel di Hong Kong sangat ramah turis. 

JJ Hotel yang kami tempati selama dua malam di Hong Kong, bukanlah berbentuk bangunan seperti hotel pada umumya. JJ Hotel menempati apartemen Lucky Center. Hotel hanya berada di lantai 5 (resepsionis dan kamar), lalu di lantai 11 (lobby dan kamar) dan lantai 12 (kamar).  Sehingga kamar yang kami tempati, begitu keluar dari lift, langsung pintu kamar.

Walaupun demikian, kamarnya cukup luas. Dan bisa diisi 4 orang bahkan mungkin lebih. Sengaja kami memilih JJ Hotel karena hotel ini memang banyak direkomendasikan untuk yang membawa 2 orang anak.

Satu-satunya kekurangan hotel di Hong Kong, tidak hanya JJ Hotel yaitu toilet yang tidak ada air untuk membasuh.  Ini menjadi sedikit masalah bagi orang-orang Indonesia tentu saja. Selain itu, di JJ Hotel kamar mandinya hanya berdinding kaca. Sehingga walaupun ada krei untuk menutup dinding kaca, tetap saja tidak tertutup sempurna.

Pilihan menginap di JJ Hotel karena hotel ini membolehkan kamar dihuni oleh empat orang (dua dewasa dan 2 anak). Saat memesan di Booking.com, pihak hotel kami email dan menanyakan apakah kamar bisa ditempati 4 orang? Dan saat itu pihak hotel menyatakan boleh hanya saja mereka tidak memiliki ekstra bed dan tidak mendapatkan amenities (kelengkapan yang ada di kamar tidur hotel seperti handuk, sikat gigi dll) tambahan.Tidak masalah bagi kami, karena kasurnya sendiri muat untuk kami berempat.

Hal ini penting kami lakukan, karena tidak semua hotel mengijinkan kamar mereka dihuni melebihi batas yang ditentukan. Daripada dipermasalahkan saat akan ditempati, lebih baik kami prepare sejak awal.

Untuk hari pertama dan kedua, kami sengaja memilih hotel di daerah Wan Chai karena tempat wisata yang akan kami kunjungi relatif lebih dekat dari Wan Chai. Misalnya, The Peak dan Madame Tussauds yang bisa kami tempuh dari statiun MTR Wanchai menuju statiun MTR Central yang hanya melalui dua stasiun MTR berjarak sekitar 10-15 menit. Demikian halnya Ocean Park yang juga telah memliki akses MTR yang bisa kami tempuh dari statiun MTR Wanchai lalu berganti di Statiun MTR Admiralty (hanya 1 stasiun) dan langsung berganti ke arah Ocean Park (hanya 1 stasiun) jarak tempuh totalnya sekitar 20 – 25menit.

Di Wan Chai sendiri ada sangat banyak pilihan hotel dengan budget Rp. 1 – 2 jutaan. Adapun di JJ Hotel harganya sekitar Rp. 1 jutaan.  Harga tersebut adalah pilihan menyewa kamar hotel tanpa sarapan. Kami memilih yang tanpa sarapan, karena perbedaan harganya cukup banyak dan juga makanan hotel di Hong Kong belum tentu sesuai selera kami.

Karena mayoritas transportasi yang akan kami gunakan adalah MTR, maka faktor jarak ke stasiun MTR juga menjadi pertimbangan.  Jarak JJ Hotel ke stasiun MTR sekitar 15 menit berjalan kaki. Ada hotel yang lebih dekat ke stasiun MTR Wanchai yaitu iClub Hotel yang hanya berjarak 10 menitan ke stasiun MTR, tetapi tidak kami pilih karena rate lebih mahal.

Selain itu, JJ Hotel berada persis di samping minimarket Wellcome dan juga rumah makan Yoshinoya sehingga sangat memudahkan kami untuk membeli keperluan snack dan juga makan. Selain itu relatif dekat dengan McD, KFC serta berbagai mini market 7 eleven yang menjamur di Hong Kong.

Soal harga, minimarket Wellcome harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan 7eleven. Satu hal yang tidak boleh dilupakan, jika setiap toko di Hong Kong menerapkan tas kresek berbayar. 

Biasanya di minimarket dihargai HKD1 sedangkan di Disneyland harga kreseknya 50 sen Hongkong.
Alasan lain pemilihan hotel di daerah Wan Chai adalah tidak terlalu jauh  dari Ammar Mosque and Osman Ramju Sadick Islamic Centre. Dari JJ Hotel ke Masjid Ammar hanya sekitar 15 menit berjalan kaki dan yang paling penting sangat mudah berjalan kaki walaupun membawa anak di atas stroller. 

Saat kami jalan kaki dari Hotel ke Islamic, anak kami bahkan bisa tertidur dengan pulas.
Untuk hotel amenities tersedia standar seperti hotel lainnya misalnya peralatan mandi dan handuk, sandal hotel, 2 air mineral kemasan 600ml, teko air panas, serta teh dan kopi instan. Hotel juga dilengkapi dengan free wifi dan televisi serta air hangat untuk mandi. 

Saat akan menentukan hotel yang kami tempati, sempat kami menemukan ada beberapa hotel yang tidak menyediakan teko air panas, padahal sebagai wisatawan yang membawa anak kecil tentu saja sangat kami butuhkan untuk membuat susu bagi si kecil.

CATATAN TAMBAHAN

Untuk daftar hotel yang kami buat ini, sengaja kami pilih cocok untuk keluarga, jadi penekanannya bukan hotel backpacker. Sejauh hasil pencarian kami, rate rata-rata hotel yang ramah keluarga ada di harga HKD1000 atau Rp. 1,3 jutaan.   Pengertian hotel ramah keluarga adalah memiliki pemanas air (beberapa hotel yang kami riset tidak menyediakan teko pemanas air) dan tentu saja membolehkan satu kamar dihuni empat anggota keluarga.

Selalu pastikan bahwa hotel yang akan ditempati mengijinkan untuk dihuni oleh 2 dewasa dan 2 orang anak. Seringkali, ada beberapa hotel yang tidak mengijinkan hal tersebut. Hotel yang ada di daftar ini, berdasarkan hasil riset kami di Booking.com menginjinkan hal tersebut, tetapi untuk menghindari adanya perubahan kebijakan sebaiknya cek kembali saat akan memesan.

Sebenarnya ada satu lagi cara mendapatkan akomodasi untuk keluarga, terutama yang datang bersama jumlah anggota keluarga yang banyak yaitu dengan menyewa apartemen. Untuk penyewaaan apartemen bisa malalui layanan AirBnB.

Hong Kong terbagi dalam 4 wilayah besar yaitu Hong Kong Island, Kowloon, New Territories dan Outlying Island seperti Lantau Island dan Lamma Island.  Keempat wilayah ini terhubung dengan sangat mudah melalui berbagai moda transportasi.

Walau relatif mudah menjangkau setiap wilayah, tetapi untuk menghemat waktu dan tenaga sebaiknya hotel yang kita tempati berada di sekitar objek wisata yang akan kita kunjungi.
Hong Kong Island, memiliki objek wisata seperti Ocean Park dan The Peak. Jika Anda menjadikan tempat wisata ini sebagai kunjungan utama, Anda bisa memilih penginapan di daerah Hong Kong Island terutama di wilayah Wan Chai, Causeway Bay, Admiralty atau Central.

Di Kowloon terdapat objek wisata seperti Clock Tower, Sky100 Observation Deck,  Hong Kong Space Museum, Kowloon Park serta kawasan wisata belanja Tsim Sha Tsui, Ladies Market di Mongkok dan Fuk Wing Street di Sham Shui Po.

Adapun di New Territories terdapat objek wisata Hong Kong Herritage Museum di distrik Sha Tin, juga terdapat Che Kung Temple, dan wisata alam Mai Poo Wetlands di Yuen Long yang menjadi tempat hidup 380 spesies burung.

Dan wilayah Hong Kong berikutnya adalah Outlying Island dimana Lantau Island menjadi yang paling terkenal. Berbagai hotel yang terdapat di Lantau Island akan kami ceritakan di artikel khusus mengenai pilihan hotel di sekitar Disneyland.


Click to comment