Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube
Bagi blogger yang sudah punya nama sebagai travel blogger, mendapatkan penghasilan dari blog tentu sudah bukan perkara yang sulit. Lalu bagaimana dengan blogger pemula yang belum punya nama sebagai travel blogger?

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya saya family traveling. Memang pendapatannya tidak bisa menggantikan seluruh dana yang kita keluarkan untuk liburan, tetapi setidaknya ada hasilnya.

Toh, buat travel blogger pemula bagian paling penting adalah melatih diri menulis, dan jika ada hasil berupa uang dari proses belajar itu, tentu hal tersebut menjadi nilai positif.

Inilah yang saya lakukan sebagai blogger pemula untuk mendapatkan uang dari traveling.

1. Mereferensikan Situs Tertentu

Untuk mereka yang sudah melakukan aktifitas blogging sejak lama, kata "refereal" tentu sudah tidak asing lagi.

Intinya, kita mereferensikan pembaca kita untuk menggunakan situs tertentu untuk membeli produk yang mereka butuhkan. Jika terjadi pembeliaan maka kita akan mendapatkan uang sebagai orang yang telah mereferensikan.

Satu hal yang harus diingat, situs yang kita referensikan adalah situs yang benar-benar kita gunakan dan kita mendapakan pengalaman positif dari menggunakan jasa situs tersebut.

Untuk traveling, maka situs refereal yang bisa digunakan misalnya pembelian tiket wisata dan juga situs untuk melakukan pemesanan hotel.

Saya mendapatkan penghasilan perdana dari situs refereal yang saya gunakan 1 bulan setelah saya memosting tulisan tersebut. Dan saya mendapatkan transferan hingga beberapa bulan secara terus menerus. Lumanylah untuk travel blogger pemula.

Sekali lagi, yang kita tulis di blog sebenarnya hanya menginformasikan bahwa kita memesan hotel atau tiket wisata di situs tertentu dan memberikan link refereal kita, barangkali dari pembaca kita ada yang tertarik menggunakan, karena kita sudah mencoba menggunakan dan ternyata membantu aktifitas liburan kita. 

2. Memadukan dengan Youtube

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan traveling, sebaiknya padukan tulisan dengan video.

Review hotel yang kita tulis di blog misalnya, akan jauh lebih menarik jika dilengkapi dengan video.

Dari video inilah kita bisa monitize di youtube. Sehingga kita bisa mendapatkan sedikit recehan dari adsense youtube.

Inipun telah saya praktikkan dengan membuat channel youtube family traveling yang saya sudah menghasilkan. Walau belum sebesar youtuber lain, setidaknya ada uang yang kita hasilkan dari liburan kita.

3. Tulis Sebanyak Mungkin

Sebagai blogger pemula, tentu saja kita membutuhkan latihan terus menerus. Seharusnya dari satu aktifitas traveling kita bisa menghasilkan beberapa tulisan.

Saya sempat membukukan tulisan yang saya hasilkan dari traveling, tetapi sayangnya, tulisan saya belum mendapatkan respon positif dari penerbit.

Tetapi tidak mengapa, setidaknya saya sudah latihan menulis dan terus belajar.

Bisa jadi teman-teman lainnya mungkin lebih beruntung dari saya bisa menghasilkan buku dari aktivitas traveling.

Selamat mencoba! Dan jika ada cara lain yang menurut teman-teman bisa dilakukan oleh travel blogger, silahkan tuliskan dikomen.

Click to comment