Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube
Dulu, mendengar kata "investasi" maka pikiran saya adalah kata ini lebih cocok untuk mereka yang memiliki dana besar dan tentu saja telah berusia tua atau anak muda yang memiliki warisan harta yang selanjutnya mereka gunakan untuk berinvestasi.

Padahal nyatanya, investasi bisa dilakukan oleh siapapun termasuk oleh anak muda. Dalam konteks ini menurut saya asalkan Anda punya KTP, maka saat itu pula sebenarnya kita bisa untuk berinvestasi.

Kadang agak risau saja memikirkan kerja setiap hari, tetapi kalo ditanyakan apakah punya investasi? Jawabannya TIDAK. Mumpung masih tahun baru saatnya bikin resolusi #2019GantiNasib.

Saya berfikir, harusnya saat anak muda merayakan ulang tahunnya yang ke-17 maka saat itu pulalah ia harus mulai membuka investasi perdananya.  Saya sudah merencanakan akan melakukan ini saat anak saya berusia 17an, maka hadiahnya adalah produk investasi atas namanya sendiri dan bisa dia lanjutkan dari menyisihkan uang jajannya.

Saya kadang agak merasa menyesal terlambat mengetahui apa itu investasi. Karena dipikiran saya investasi itu melulu adalah investasi tanah atau properti, investasi emas hingga investasi saham yang membutuhkan dana besar.

Apa Itu Aset ?

Ada banyak pengertian tentang aset baik dari bentuk maupun hasilnya. Mengenai hasilnya maka kita akan membedakannya menjadi 2 jenis yaitu capital gain dan cashflow.

Aset dari capital gain, hasilnya kita dapatkan dari selisih antara beli dan jual. Misalnya tanah atau emas. Kita misalnya beli emas harga Rp. 500.000 lalu menjualnya seharga Rp. 600.000. Maka selisih itulah yang menjadi keuntungan kita.

Berbeda dengan aset dari capital gain, aset cashflow kita akan mendapatkan keuntungan secara periodik.  Aset dari cashflow selain keuntungannya periodik, biasanya kita bisa investasi dengan nilai yang minimal.

Investasi Modal Minim

Kini ada banyak instrumen investasi yang bisa gunakan dengan modal yang minim bahkan hanya Rp. 100.000/bulan.  Nilai Rp. 100.000/bulan itu pun sebenarnya bisa dilakukan oleh pelajar. Rp. 100.000/bulan itu setara dengan menyisihkan uang jajan Rp. 3.500/hari. 

Beberapa instrumen investasi yang bisa dilakukan dengan nilai Rp. 100.000 diantaranya reksadana, nabung saham, hingga menggunakan platform investasi online.  Dan saya menggunakan semua ini dengan menyisihakan biaya minimal perbulan. 

Dalam tulisan ini, saya akan membagikan pengalaman saya menggunakan platform investasi online peer to peer lending atau marketplace yang mempertemukan pemilik modal dengan peminjam. 

Mencari Instrumen Investasi Online Terpercaya

Ada banyak informasi mengenai investasi online di internet, tetapi sayangnya investasi tersebut lebih banyak merupakan produk investasi bodong. 

Cara paling mudah untuk mengetahui sebuah investasi legal atau tidak adalah melihat apakah perusahaan investasi tersebut memiliki ijin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Pada prinsipnya, OJK adalah lembaga independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. Terutama terkait dengan pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan

investasi di Modal Rakyat bisa mulai dari Rp. 25.000

Pengalaman Mencoba Modal Rakyat

Saya memang selalu tertarik dengan investasi yang bisa dilakukan dengan modal minim. Hingga sekali waktu melihat iklan Modal Rakyat hadir di media sosial saya. 

Salah satu yang pertama kali saya cek adalah ijin dari OJK apakah perusahaan fintech ini telah mengantongi ijin OJK. Rupanya mereka telah memiliki ijin dan diawasi OJK (S-386/NB.213/2018).

Jujur saja, untuk investasi dengan dana minim, saya tidak terlalu menginginkan keuntungan muluk-muluk. Karena justru jika keuntungannya memberikan keuntungan misalnya 50persen atau 100persen justru kita harus waspada. Berapa banyak investor di internet yang kehilangan uangnya karena mengharap imbal hasil yang muluk-muluk.

Sekadar informasi, berdasarkan keterangan di website mereka, Modal Rakyat menjanjikan hingga 18% p.a.

Justru yang saya perhatiin adalah persyaratan dan sistemnya. Hal yang membuat saya tertarik dengan modal rakyat faktor kemudahannya. Kita mulai bisa berinvestasi dengan dana Rp. 25.000. Tak hanya itu, tenornya pun ada yang sebulan.

Selain itu, sistem keamanan Modal Rakyat menurut saya sangat baik. Ada dua hal soal keamanan yang harus kita perhatikan. Keamanan website dan keamanan investasi. Untuk keamanan website, Modal Rakyat ternyata telah memiliki ISO 270001 atau telah memiliki standar internasional mengenai sistem keamanan manajemen informasi.

Lalu untuk investasi, rupanya saat kita memilih akan meminjamkan uang kita untuk perusahaan yang membutuhkan dana, kita sendiri yang menentukan perusahaan yang kita inginkan. Mereka telah memiliki kode-kode tertentu mengenai skor kredit. Bahkan tidak sedikit yang memberikan jaminan dan juga asuransi.

Bagaimana dengan kemudahan pendaftaran. Sebenarnya untuk Modal Rakyat mereka hanya mensyaratkan KTP adapun syarat NPWP hanya optional. Walau syaratnya cukup mudah dan semuanya dilakukan secara online tetapi mereka memiliki sistem untuk memverifikasi calon investor dan calon peminjam yang cukup baik.

Pengalaman saya, yang mencoba mendaftar di akhir pekan, proses verifikasi telah selesai di hari senin.

notifikasi pendanaan saya aktif

Apalagi yang sudah saya cek di Modal Rakyat. Saya mencoba customer service mereka untuk melihat seberapa respon mereka dengan klien mereka. CS mereka yang bisa dihubungi melalui WA cukup responsif. Membalas chat saya kurang dari 1 menit. Saya menghubungi mereka pada pukul 4 sore.

Menariknya, Modal Rakyat bahkan memberikan kita modal Rp. 25.000 untuk pendaftar baru. Untuk Anda yang ingin mendapatkan saldo Rp. 25.000 silahkan daftar melalui link refereal saya. Anda dan Saya masing-masing akan mendapatkan saldo Rp. 25.000, sesuai penjelasan Modal Rakyat.

Tidak hanya Anda, teman dan keluarga Anda yang mendaftar sebagai Pendana di Modal Rakyat dengan kode referral Anda juga akan mendapatkan *Dana Promo senilai Rp 25.000 untuk memulai pemberian pinjaman mereka!

Menurut saya, investasi di Modal Rakyat, bisa menjadi alternatif invetasi kita terutama bagi milenial yang selama ini banyak menghabiskan uangnya untuk hiburan.

Daripada membelanjakan Rp. 25.000 untuk membeli segelas kopi di kafe, lebih baik kita kurangi biaya nongkrong tersebut dan menginvestasikannya di Modal Rakyat.  Tertarik berinvestasi?
Silakan kunjungi MODAL RAKYAT


Click to comment