Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube

Berapa lama waktu yang sebaiknya kita habiskan saat liburan di Hong Kong? Tentu saja tidak ada jawaban mutlak untuk menjawab pertanyaan tersebut karena semuanya tergantung banyak faktor.  Misalnya, berapa banyak objek wisata yang akan Anda kunjungi, hingga berapa banyak budget yang Anda siapkan.

Hanya saja dari pengalaman yang kami alami, kunjungan 4 hari 3 malam sudah cukup dan Anda sudah sangat puas jika berkunjung selama 5 hari 4 malam. Adapun buat Anda yang hanya ingin membawa anak-anak mengunjungi Hong Kong Disneyland, maka perjalanan 3 hari 2 malam sudah cukup buat Anda.

Dalam itinerary kali ini kami buat dengan estimasi Anda tiba di Hong Kong pagi hari sesuai dengan kedatangan pesawat Garuda Indonesia.  Sedangkan bagi Anda yang tiba di Hong Kong, siang atau sore bisa mengganti kunjungan hari pertama dengan berjalan-jalan di sekitar hotel atau mendatangi tempat yang tidak begitu jauh dari hotel tempat Anda menginap.

Seberapa pentingkah itinerary?  Menurut kami sangat penting, karena dengan membuat itinerary perjalanan kita lebih sistematis dan kita bisa memaksimalkan waktu yang ada yang untuk menyaksikan sebanyak mungkin objek wisata menarik.  Saat kami ke Hong Kong, bahkan itinerary yang dibuat kami print out.

Dan inilah contoh itinerary kami selama liburan di Hongkong

Hari pertama

Tiba di Hong kong. Jika Anda tiba di Hong Kong saat sore atau malam, maka waktu yang ada bisa digunakan untuk berjalan-jalan di sekitar hotel.  Adapun jika memilih penerbangan yang tiba di Hong Kong saat pagi, maka aktifitas jalan-jalan hari pertama sudah bisa dijalankan.

Setelah menyimpan barang di hotel dan istirahat sejak di lobby hotel, kita bisa berjalan-jalan ke beberapa tempat yang jaraknya tidak begitu jauh dari hotel. Karena kami menginap di Wanchai, maka kami memutuskan jalan-jalan ke kantin halal Masjid Ammar And Osman Ramju Sadick Islamic Centre.

Lalu perjalanan di lanjutkan ke Victoria Peak mencoba peak tram, menikmati koleksi museum Madame Tussauds, dan juga menikmati panorama Hong Kong dari ketinggian Sky Terrace.  Selain menikmati suasana, di Victoria Peak kita bisa juga membeli souvenir.

Lalu kembali ke hotel untuk beristirahat dan juga check in.  Jika memungkinkan, kita bisa mampir ke toko coklat dan snack terkenal di Hong Kong—Bestmart 360. Coklat dan snack yang dibeli sekaligus buat dimakan di hotel dan juga beberapa buat oleh-oleh.

Di hari pertama, memang sebaiknya tidak begitu banyak aktifitas jalan-jalan karena sebaiknya memulihkan tenaga dan istirahat yang cukup.

Hari Kedua

Setelah sarapan perjalanan ke Ocean Park dimulai. Ocean park buka pukul 10.00 pagi, tetapi sebaiknya kita sudah berangkat dari hotel setidaknya pukul 08.00 pagi agar tidak tidak terlalu terburu-buru.

Saat di Ocean Park sebaiknya fokus saja ke pertunjukan, feeding atau melihat koleksi binatang yang ada di sana, dibandingkan bermain-main di wahana.  Di Ocean Park saat malam akan ada pertunjukan air mancur dan tata cahaya, tetapi kami sendiri memilih untuk mengakhiri jalan-jalan di Ocean park cukup hingga sore hari, karena pada saat itu pertunjukan air mancur sedang dalam perbaikan.

Lalu sepulang dari Ocean Park tidak langsung ke Hotel melainkan lanjut ke Tsim Sha Tsui mengunjungi Harbour City dan mengajak anak-anak ke pertokoan mainan Toys R Us, atau ke Clock Tower  menyaksikan Symphony of Light.

Jika tinggal di Wanchai, pulangnya bisa mencoba naik ferry dari Tsim Sha Tsui.

Hari Ketiga

Hari ketiga adalah hari dimana kita pindah hotel karena objek wisata yang akan dikunjungi adalah Disneyland yang berada di Lantau Island. Sengaja kami memasukkan Disneyland dalam itinerary hari terakhir agar tidak begitu jauh dari bandara.  Sebaiknya mulai check out sejak jam 8 pagi.
Untuk pindah hotel, kami menggunakan taksi agar lebih mudah karena saat pindah hotel kami membawa koper besar.  Saat sampai di hotel, menitipkan koper dan melanjutkan perjalanan ke Disneyland.

Anak-anak bisa puas bermain di Disneyland seharian, sejak pagi hingga kemeriahan Disneyland berakhir pukul 21.30 malam.

Hari Keempat

Sarapan, menikmati fasilitas hotel (kolam renang) dan check out. Hari terakhir ini juga bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan melihat-lihat koleksi tas dan pakaian di Citygate Outlet Mall atau menikmati cable car Ngong Ping dan menikmati Ngong Ping Village jika ada waktu luang terutama untuk Anda yang mengambil penerbangan malam.

Sambil berjalan-jalan, koper dan barang bawaan bisa dititipkan di Citygate Outlet Mall yang terdapat di lantai B2 dan B3. Sayangnya, loker ukuran 34x80x80cm untuk koper besar jumlahnya terbatas.  Jika tidak mendapatkan tempat penitipan, kita harus rela berjalan-jalan sambil menentang koper.
Lalu perjalanan dilanjutkan menuju bandara dan bersiap-siap kembali ke Indonesia.