Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube
Dari namanya banyak orang yang sering tertukar dengan nama sebuah kawasan permainan air di Tangerang. Padahal Ocean Park bukanlah nama waterpark. Secara umum, Ocean Park  merupakan perpaduan antara wahana permainan dan animal conservation.

Saat kami ke Ocean Park taman yang dibangun pada tahun 1977 ini tengah merayakan ulang tahun ke 40-nya. Dari usianya yang sudah cukup lama ini wajar jika Ocean Park disebut sebagai taman hiburan pertama yang ada di Hong Kong. Walau hadir sudah cukup lama, Ocean Park terus memperbaharui berbagai wahana dan koleksinya.

Dibandingkan Disneyland, Ocean Park jauh lebih luas yang mencapai lebih dari 15.000 meter persegi. Dengan luas seperti ini, maka luasnya setara dengan dua kali luas Dufan. Ocean Park luasnya mencakup dari gunung ke gunung atau dua gunung yang menjadi satu sebagai taman bermain.

Karena membawa dua anak yang masih kecil, dan tampaknya tidak akan mungkin untuk merasakan semuanya hanya dalam satu hari kunjungan, kami memutuskan untuk fokus ke tempat-tempat binatang yang ada di Ocean Park dibanding mencoba wahana permainannya yang kebanyakan merupakan wahana untuk dewasa. Itulah mengapa bagi orang dewasa, kebanyakan mengatakan lebih menyenangi bermain di Ocean Park dibandingkan Disneyland.

Kami mulai perjalanan ke Ocean Park sejak pagi dan berharap bisa sampai di Ocean Park sebelum buka, sehingga bisa menghabiskan waktu lebih banyak di sana. Beruntung saat mengunjungi Ocean Park, karena sudah ada pilihan menggunakan MTR dengan beroperasinya MTR South Island Line pada 28 Desember 2016.

Sebelumnya, akses angkutan umum ke Ocean Park hanya bisa dengan bus. Dengan adanya MTR, selain akses transportasinya lebih mudah, juga lebih murah dan nyaman. Dari stasiun MTR Admiralty hanya membutuhkan waktu 6 menit ke Ocean Park.

Halte MTR Ocean Park sangat dekat dengan pintu keluar/masuk ke Ocean Park. Bahkan Ocean Park terlihat sangat jelas semenjak kita turun dari kereta.

Ocean Park yang kami abadikan dari halte MTR

Membeli Tiket Ocean Park

Tiket Ocean Park kami beli secara online, sehingga kami tidak perlu lagi antre untuk membeli tiket di loket Ocean Park. Berbeda dengan tiket Disneyland yang bisa dipesan jauh-jauh hari, tiket Ocean Park baru tersedia 1 bulan sebelum tanggal yang kita pilih.

Untuk pembelian tiket secara online tidak perlu ditukar dengan tiket fisik, petugas langsung men-scan barcode yang ada di tiket. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan handphone yang error, tiket yang dikirim ke email kami print. Padahal tanpa di print pun petugas akan menscan langsung dari smartphone kita.  Tiket yang kita beli sudah termasuk untuk naik cable car dan Ocean Express termasuk menikmati berbagai wahana dan pertunjukan yang ada. Walau demikian, kita tetap harus membayar untuk permainan yang menggunakan coin.

Untuk Anda yang ingin membeli tiket online yang menurut kami terpercaya bisa ke situs Klook.

Apa yang Menarik di Ocean Park

Secara umum, Ocean Park terdiri dari dua kawasan yaitu Waterfront dan The Summit. Kedua kawasan ini dihubungkan oleh cable car dan kereta Ocean Express. Bagi kami, kedua jenis sarana penghubung ini harus dicoba karena menjadi bagian dari daya tarik Ocean Park.  Menggunakan cable car mengharuskan kami mengikuti antrean yang panjang. Kurang lebih kami harus antre lebih dari 45 menit, dan ini masih tergolong sepi. Sebenarnya lebih cepat dengan kereta Ocean Express, hanya saja kami ingin mencoba Cable Car saat naik dan turun baru dengan Ocean Express. Dengan Ocean Express kami hanya antre sekitar 10 menit.

Waterfront adalah kawasan yang berada di bagian bawah, sedangkan The Summit berada di atas pegunungan. Sebelum banyak mengeksplorasi bagian Waterfront, kami memutuskan untuk mengeksplorasi The Summit terlebih dahulu.  Alasannya, supaya kami tidak terlalu lama terkena antrean cable car karena masih siang.

Jalan menuju antrean naik cable car, kita akan melewati Old Hong Kong. Buat Anda yang suka foto, bolehlah menjadikan tempat ini sebagai background foto sebelum mulai antre naik cable car. Di Old Hong Kong kita akan disuguhi suasana kota Hong Kong tahun 1950-an hingga 1970-an. Bisa juga sekalian menikmati menu-menu yang ada di tempat tersebut.

Jika si kecil tidak terlalu kuat berjalan, sebaiknya sewa lah stroller khusus. Harga sewa stroller di Ocean Park adalah HKD100 perhari ditambah biaya deposit yang nantinya akan dikembalikan sebesar HKD100. Stroller bisa disewa di area Waterfront di Aqua City.

Walau ukurannya agak besar, stroller ini bisa dinaikkan ke Cable Car, tentunya nanti area duduknya jadi agak sempit-sempitan.

Di Ocean Park juga terdapat baby care room yang menyediakan beberapa peralatan khusus bayi seperti air panas dan juga feeding seats. Tapi kami tidak menggunakan baby room, mengingat anak terkecil sudah berusia 2,5 tahun.

Ada satu lagi layanan untuk anak-anak yaitu child wristband yang bisa diperoleh gratis di bagian informasi. Nantinya gelang ini akan dituliskan nomor kontak orang tua, sehingga bila anak terlepas bisa lebih mudah untuk menghubungi orang tua.

Naik cable car kami bisa mendapatkan  pengalaman berada di ketinggian sambil melihat laut yang membelah dua wilayah Ocean Park. Ada pengalaman ngeri melintasi laut dan pegunungan terutama saat cable car menanjak.

Sedangkan pengalaman unik naik Ocean Express adalah kereta yang bagian atasnya dilengkapi dengan monitor. Saat kereta berjalan monitor tersebut akan menampilkan gambar seolah-olah kita sedang berada di bawah laut.

Sebelum berangkat ke Ocean Park, kami sudah mencatat jadwal pertunjukan dan juga feeding time. Jadwal ini berubah-ubah setiap hari. Jadwal tersebut bisa dilihat melalui website Ocean Park, juga melalui aplikasi yang bisa diinstal di smartphone. Dan tentu saja pada layar Tip Board yang terdapat di beberapa tempat seperti Marine World, Aqua City Lagoon, Waterfront Plaza, The Summit Plaza dan The Rainforest.

Tidak perlu melihat seluruh show yang ada karena pasti waktunya tidak akan sempat, ditambah jarak antar pertunjukan yang satu dan lainnya agak berjauhan dengan kontur jalan menanjak sehingga butuh energi lebih. Inilah sebabnya, tempat yang kita kunjungi sebaiknya diatur dengan baik agar tidak bolak balik, karena jika bolak balik kita harus berjalan menanjak berkali-kali.


Daftar Hal yang Tak Sayang Dilewatkan di Ocean Park Hongkong

Bagi anda yang ingin ke Ocean Park dengan membawa anak kecil, justru bagian inilah yang menurut kami sayang jika dilewatkan.

Menurut kami, bagian yang tidak boleh dilewatkan di area The Summit adalah mengunjungi binatang-binatang yang ada di zona Polar Adventure yang ada di Summit. Di sana kita akan bertemu dengan binatang-binatang khas daerah bersalju dan membawa kita mengenal hewan-hewan Arktika dan Antartika. Di sini anak-anak bisa menyaksikan berbagai jenis penguin seperti penguin raja, penguin rockhopper, hingga pengin gentoo. Juga ada walrus pasifik, anjing laut totol, singa laut stellar dan burung hantu salju. 

Di bagian Waterfront beberapa objek wisata pilihan yang tak boleh terlewat adalah melihat panda di Amazing Asian Animals, dan juga mengunjungi Grand Aquarium di Aqua City. Koala juga menjadi koleksi Ocean Park yang sayang dilewatkan. 

Kawasan permainan anak-anak bisa dilakukan di Whiskers Harbour. Ditempat ini, kita juga bisa melihat talking tree atau pohon yang berbicara, tentu saja bukan pohon sebenarnya. Mainan yang terdapat di Whiskers Harbour diantaranya kereta kecil Toto the Loco, juga carousell Marry go Round, Jungle of Giants semacam playground yang dilengkapi perosotan, Clown A Round kiddie ride yang bergerak naik turun, playground Castle of Redd dan Balloons up up and away.  Beberapa permainan lain yang ada di Whiskey Harbour.

Selain permainan, Whiskey Harbour juga terdapat WhiskersTheater. Di theater ini pengunjung akan dihibur oleh atraksi singa laut. Beberapa pengunjung anak-anak juga diminta untuk bergabung di atas panggung dan berinteraksi langsung dengan singa laut.

Di area Amazing Asian Animals  juga terdapat pertunjukan akrobatik Bamboo Jam. Sambil beristirahat, anak-anak bisa melihat pemain akrobat yang mengenakan kostum binatang dan menceritakan kehidupan di hutan.

Dan di malam hari, Ocean Park akan menampilkan pertunjukan Symbio yang merupakan perpaduan antara air mancur dan tata cahaya yang digelar di depan Grand Aquarium.

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah mengecek tema permainan Ocean Park saat masa liburan tertentu. Kami yang mengunjungi Ocean Park saat liburan musim panas, mendapati Ocean Park yang mengusung tema Summer Splash 2017. Di tempat ini Ocean Park menawarkan berbagai permainan menarik untuk anak-anak termasuk mandi busa dan juga bermain pasir bertema 40 tahun Ocean Park.

Ocean Park tampaknya sengaja membuat tema-tema berbeda di saat tertentu agar pengunjung tidak jenuh mengunjungi Ocean Park berkali-kali. Jadi pastikan untuk melihat website Ocean Park terlebih dahulu untuk melihat wahana tematik apa yang mereka siapkan.

Dari keseluruhan pengeluaran kami di Ocean Park, porsi terbesar adalah belanja souvenir. Utamanya foto yang dipasang dengan pigura yang menarik. Porsi berikutnya yang mengeluarkan anggaran cukup besar adalah untuk makanan dan minuman. Jika ingin irit mendapatkan foto, kita bisa mendaftar untuk mendapatkan akses mendowload soft copy foto-foto kita. Mirip dengan PhotoPass Disneyland.

Kawasan polar adventure yang menurut kami paling menarik.

TIPS MENGUNJUNGI OCEAN PARK

1. Sebaiknya tiket sudah dibeli sebelumnya, baik secara online maupun pembelian offline di tempat –tempat tertentu. Hal ini untuk menghindari jika terjadi antrean di loket pembelian tiket.

2.  Ocean Park buka mulai pukul 10.00 pagi, karena luasnya tempat ini sebaiknya datang sejak pagi untuk memaksimalkan waktu meng-eksplorasi aneka permainanan yang ada di Ocean Park.  Sambil menunggu buka, kita bisa berfoto di berbagai spot yang ada di dekat pintu masuk.

3.  Tetap membawa air minum dan makanan. Sebenarnya membawa makanan dan minuman di Ocean Park dilarang. Tetapi petugas tidak memeriksanya dengan dengan sangat teliti. Bahkan air minum yang kami bawa dalam botol minum tidak dilarang. Demikian juga dengan kotak makan.  Jadi biasa saja tetap membawa dalam jumlah terbatas.

4.  Sebaiknya anak-anak membawa baju hangat. Disamping udara Ocean Park cukup dingin karena di pegunungan beberapa tempat sengaja dibuat dingin untuk memberi kenyamanan kepada hewan yang ada terutama di South dan North Pole Adventure.

5. Jika ingin melihat pertunjukan, sebaiknya datang 30 menit sebelum pertunjukan di mulai untuk mendapatkan tempat duduk yang paling ideal.

6. Harga minuman di Ocean Park sangat mahal. Dengan merek yang sama diluar seharga $9, di dalam lokasi harganya $28. Walaupun demikian, kita bisa mengisi botol minum kita secara gratis di berbagai tempat pengisian air minum. 

7.  Jika datang saat musim hujan, sebaiknya sediakan payung atau jas hujan. Di Ocean Park, jas hujan sekali pakai harganya $100, jauh lebih irit jika menyediakan sejak awal.  Karena berada di ketinggian dan dekat laut, cuaca bisa berubah dengan cepat. 

8.  Sebaiknya mencoba dua jenis transportasi di Ocean Park yaitu cable car dan ocean express. Buat Anda yang ingin membayar lebih, tersedia layanan fast track naik cable car.

9.  Jika Anda memiliki koin $10, sebaiknya bawa saja ke Ocean Park, karena ada beberapa permainan yang membutuhkan koin $10 untuk memainkannya. Daripada harus menukar uang lagi.

10. Selalu mengecek website Ocean Park sebelum berangkat untuk melihat layanan apa yang sedang maintenance dan tidak beroperasi.

11. Ocean Park menjalin kerjasama dengan beberapa hotel yang menjual tiket bundling dengan kamar hotel. Hotel-hotel yang diajak kerjasama tentu berbeda-beda. Bisa di cek di website Ocean Park untuk melihat hotel yang bekerjasama dengan Ocean Park.

Lokasi Ocean Park 
Wong Chuk Hang, Hong Kong Island

Harga Tiket :
Dewasa HKD438
Anak usia 3- 11 tahun : HKD219
usia 3 tahun kebawah : gratis
Untuk menikmati fasilitas fast track kita harus membayar biaya tambahan HKD250 yang berlaku untuk 7 prioritas akses, adapun untuk semua akses prioritas harga tiket fastracknya HKD350

Tempat Membeli Tiket :
Tiket dapat dibeli secara online baik yang ada di Indonesia maupun Hong Kong. Juga di agen-agen perjalanan di Indonesia maupun di ticket box Ocean Park. Tiket juga bisa diperoleh di seluruh kios 7eleven yang ada di Hong Kong.

Jam Operasional : 
10.00 -18.00

Transportasi :
Naik MTR jurusan South  turun di halte Ocean Park exit B

Website:
Website Ocean Park 
Klook untuk pembelian tiket


Click to comment