Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube
Sebelum membaca tulisan ini, kami sarankan untuk membaca tulisan sebelumnya Review Disney Explorers Lodge - Hotel Di Dekat Disneyland Hongkong.

Di tulisan ini, saya akan membahas sejumlah alasan mengapa layak mempertimbangkan untuk menginap di salah satu hotel Disney, walau harganya agak mahal dibandingkan hotel-hotel lain di sekitar Disneyland. Walaupun tentu saja pilihan akan menginap dimana menjadi memiliki pertimbangan masing-masing.

Dan inilah beberapa pertimbangan kami memilih menginap di hotel Disneyland Hongkong

Jalan-jalan ke Disneyland tentu saja melelahkan. Meskipun Disneyland Hong Kong tidak begitu luas, namun berjalan kaki mengelilingi Disneyland dan bermain di beberapa wahana, sudah menguras energi kami, apalagi anak-anak. Pengalaman kami, hanya satu hari di Disneyland saja kami hanya mampu mencoba beberapa wahana, dan tidak semua tempat ataupun pertunjukan bisa kami kunjungi. Jadi menurut kami, menginap di salah satu Hotel Disneyland sangatlah membantu.

1. Bisa menampung keluarga besar

Biasanya hotel di Hongkong hanya bisa menampung maksimal 3 orang. Kalaupun ada yang menampung untuk 4 orang, tidak akan memberikan amenities tambahan.  Namun di Hotel  Disneyland menyediakan amenities untuk 2 orang dewasa dan 2 anak-anak. Dari ukuran kamar dan tempat tidurnya saja, malah bisa menampung 4 orang dewasa dan 2 anak-anak.

2. Bisa mendapatkan tiket masuk prioritas ke atraksi sesuai pilihan

Tamu hotel akan mendapatkan Priority Admission Pass ke setidaknya 1 atraksi taman, berdasarkan jenis kamar hotel yang dipesan. Tamu hotel yang menginap di Sea View Room akan mendapatkan Priority Admission Pass ke 3 atraksi, dan tamu yang menginap di Kingdom Club Room Hong Kong Disneyland Hotel akan mendapatkan Priority Admission Pass ke 4 atraksi. Terdapat Priority Admission Pass ke hingga 9 atraksi yang bisa dipilih, termasuk “Iron Man Experience” dan “Hyperspace Mountain” pertama di Asia.

Selain itu, tamu yang menginap di Sea View Room Disney Explorers Lodge atau Hong Kong Disneyland Hotel akan mendapatkan reservasi tempat duduk ke “Festival of the Lion King” , sementara tamu yang menginap di Kingdom Club Room Hong Kong Disneyland Hotel akan mendapatkan reservasi tempat duduk ke pertunjukan pertama “Mickey and the Wondrous Book” pada hari saat mereka berkunjung.

Tentu saja untuk bisa menikmati fasilitas ini, kita harus check in terlebih dahulu sebelum ke taman Disneyland. Saya sendiri memilih untuk skip layanan ini, dan berusaha sepagi mungkin ke Disneyland.


3. Menghemat tenaga dan waktu

Atraksi terakhir Disneyland adalah parade malam dan kembang api yang akan berakhir sekitar pukul 21.30. Setelah seharian mengeksplor Disneyland, tentulah sangat melelahkan jika harus kembali ke hotel yang jauh. Ditambah lagi harus berebutan tempat di MRT atau transportasi publik lainnya. Jika anda menginap di Hotel Disneyland, maka bisa langsung ke terminal shuttle bus dan hanya berjarak 10 menit menuju hotel. 

Selain itu, jika kita berlibur dengan anak-anak, ada saja kejadian yang tidak terduga. Jika anak-anak membutuhkan istirahat, ganti baju, atau mandi. Maka, kita dapat dengan mudah ke hotel dan lanjut lagi bermain, asalkan tiket masuknya tidak hilang. Walau tentu saja semua orang tentu tidak berharap kejadian ini.

4. Nuansa Disneyland

Walau nuansa Disneylandnya tidak begitu kuat, tetapi tetap saja ada banyak pengalaman bertema Disneyland yang bisa didapatkan anak-anak, termasuk berbagai aminities yang sengaja pihak hotel siapkan untuk dibawa pulang oleh tamu.

Jadi paling tidak kita pernah sekali merasakan kemegahan dan suasana hotel disney ini.

Perbedaan Antara Hongkong Disneyland Hotel vs Disney’s Hollywood Hotel vs Disney Explorers Lodge

Di kawasan Disnyeland Resort terdapat tiga hotel yaitu Hongkong Disneyland Hotel , Disney’s Hollywood Hotel , Disney Explorers Lodge. Disney’s Hollywood Hotel buka pada September 2005, yang kedua adalah Hong Kong Disneyland Hotel yang beroperasi pada Desember 2005. Terakhir Disney Explorers Lodge yang buka bulan April 2017.

Seperti yang sudah saya tuliskan, kami memilih Disney Explorer Lodge. Tetapi sebelum memilih hotel ini, kami melakukan riset tentang hotel lainnya. Untuk memudahkan pembaca memilih hotel lainnya, berikut kami sarikan perbedaan masing-masing hotel yang ada di Disneyland.

Ketiga hotel itu berada di Disneyland Resort dan saling berdekatan letaknya. Setiap hotel memiliki keunikan tersendiri. Mau pilih yang mana? Mari kita lihat perbedaannya. Walau tentu saja perbedaan-perbedaan ini tidak semua penting untuk kita jadikan pertimbangkan. Tapi setidaknya beberapa perbedaan bisa menjadi pertimbangan akan memilih hotel Disney yang mana.

1.  Kelas Hotel
Walau sama-sama dibawa pengelolaan Disney, tetapi ketiga hotel memiliki kelas yang berbeda. Hong Kong Disneyland Hotel merupakan hunian bintang 5, sedangkan Disney Hollywood dan Disney Explorer Lodge adalah hotel bintang 4. 

2.  Ukuran Hotel

Walau merupakan hotel bintang lima, tetapi Hong Kong Disneyland Hotel berukuran lebih kecil dibanding hotel lainnya. Hotel ini terdiri dari 400 kamar dengan 6 lantai, sedangkan Disney Hollywood terdiri dari 600 kamar dengan 8 lantai dan Disney Explorer terdiri dari 750 kamar dengan 7 lantai.

3. Dekorasi dan Tema Hotel

Hong Kong Disney Hotel bertema Victoria dan tampak seperti istana besar dan penuh dengan pesona bagi pencinta dongeng. Elemen dekorasi di hotel ini membawa tamu kembali ke tahun 1900-an dengan gaya Victoria yang elegan seperti di istana-istana Eropa. Nama kamar-kamarnya Cinderella Ball Room, Sleeping Beauty Room, Snow White Room, Prince Charming Meeting Room. Seperti hidup dalam dongeng Disney bukan? Menariknya, jika beruntung, pengujung bisa bertemu dengan princess di lobi.

Disney’s Hollywood Hotel mengusung tema Hollywood seperti namanya. Pencinta film dan mobil sangat cocok menginap di Hotel ini. Tamu akan merasa memasuki era keemasan Hollywood di tahun 1930-an dan 1940-an bercampur dengan keajaiban Disney. Sangat banyak logo Mickey bertebaran di hotel ini.

Disney Explorers Lodge dibuat untuk merayakan jaman keemasan eksplorasi di awal 1920-an. Anda akan terpesona oleh akomodasi eksotis dengan pemandangan kamar dan dilengkapi furnitur yang sesuai dengan empat iklim tropis unik Asia, Oseania, Amerika Selatan dan Afrika. Hotel ini benar-benar mengusung motto “ad explorare et somniare” (“menjelajah dan bermimpi”), dengan mengajak tamu menjelajah dan menikmati berbagai budaya di dunia.

Setiap taman dinamakan berdasarkan karakter dalam film Disney: Hathi JR. Garden (The Jungle Book), Little Squirt Garden (Finding Nemo), Kevin Garden (Up) and Rafiki Garden (Lion King). Saat kami ke Disney’s Explorer, taman-taman ini belum sepenuhnya beroperasi.

4. Dekorasi Kamar dan Harga

Hong kong Disney Hotel menggunakan dekorasi kamar bergaya Victoria dengan perlengkapan toilet bernuansa Snow White. Rate : HK$2400 – HK$7500.

Disney’s Hollywood Hotel menggunakan dekorasi yang bertema Mickey. Gambar Mickey dengan mudah dapat ditemukan di mana-mana.  Rate hotel ini berkisar antar HK$1.700 – HK$ 2950 per malam.

Disney Explorers Lodge Seperti mottonya, ornamen di kamar ini bertema penjelajah, seperti hiasan di atas tempat tidur yaitu kepala Mickey dan Minnie dengan hiasan tribal. Amenities yang ada di kamar mandi juga sangat unik. Rate: HK$2.200 – HK$3.800 Tips:  Kotak amenities tempat sikat gigi dsb dan sandal boleh dibawa pulang sebagai souvenir.

5. Tipe Kamar

Hong kong Disney Hotel dan Disney Explorer Lodge memiliki tipe kamar Garden View and Sea View, sedangkan Disney’s Hollywood Hotel disamping memiliki kamar dengan pemandangan laut dan taman juga memiliki tipe kamar lainnya yaitu Park View. Park View adalah kamar yang memiliki view langsung ke Disneyland Park. 

6. Restoran
Hong kong Disney Hotel : Hotel ini punya 4 tempat makan yaitu Enchanted Garden Restaurant, Walt’s Caf√©, Crystal Lotus dan Sea Breeze Bar dengan sajian makanan Eropa dan Cina. 

Di Enchanted Garden anda bisa bertemu dengan 6 karakter Disney seperti Goofy, Pluto, Donald dan Daisy yang akan berkeliling restoran, memeluk anak anda dan berfoto. Jika kebetulan saat menginap adalah hari ulang tahun anda, anda akan mendapat pin ulang tahun. Semua karakter akan mengucapkan selamat ulang tahun. Jika ingin merasakan buffet di Enchanted Garden, lebih baik jika anda memesan terlebih dahulu, karena sering penuh. Harga buffet disana mulai dari HK$328 untuk sarapan dan HK$518 untuk makan malam. Sarapan mulai dari pukul 07.30 – 11.00 yang terdiri dari dua sesi 07.30 – 09.00 dan 09.30 – 11.00. Makan malam berakhir pukul 22.00 (weekdays) dan 22.30 (weekend).

Tips: Anda bisa merasakan bersantap di Enchanted Garden walaupun tinggal di Hotel Disney yang lain dengan melakukan reservasi.

Disney’s Hollywood Hotel : Ada 3 tempat bersantap di hotel ini yaitu Chef Mickey Restaurant, Studio Lounge, Hollywood & Dine. Seperti di Enchanted Garden, Chef Mickey Restaurant juga menyediakan penawaran spesial yaitu meet and greet dengan Mickey dan Donald. Restoran  bertema Mickey ini membuka layanan sarapan (7:00-11:00), makan siang (12:00-14:30), dan makan malam (17:30-19:30/20:00-22:30). Chef Mickey akan menunggu tamu di pintu masuk dan berfoto dengan anda. Jika anda mengidolakan Donald Duck, ia akan menjumpai anda saat makan siang. Bedanya dengan di Enchanted Garden, Mickey tidak akan berkeliling ke meja-meja tamu. Harga buffet adalah HK$238 untuk sarapan dan KH$398.

Kelebihan restoran ini adalah menyediakan pilihan makanan untuk vegetarian.
Disney Explorer Lodge : Hotel Disney Explorers Lodge mempunyai 3 restoran yaitu Dragon Wind, World of Color Restaurant and Chart Room Cafe. 

Dragon Winds menyediakan kuliner Cina dan Kanton. Jika anda memesan makanan di Dragon Wind, anda berkesempatan bertemu dengan Mickey Mouse. Layanan sarapan pukul 07.00 -11.00. Harganya mulai dari HK$278 untuk dewasa dan HK$178 untuk anak.  World of Color Restoran menyediakan makanan internasional, termasuk Asia, Halal, Vegetarian. Harga di restoran ini sedikit lebih murah daripada Dragon Wind yaitu HK$218 untuk dewasa dan HK$138 untuk anak-anak.

World of Color Resturant bisa memuat 120 tamu dan beberapa meja menghadap Kevin Garden.


Click to comment