Type something and hit enter

zoelk.com
On
Hongkong Youtube
Hongkong punya banyak alternatif transportasi yang murah. Salah satu yang terkenal tentu saja MTR atau kereta bawah tanah.

Sebagai transportasi publik, tentu saja ada kelemahannya yaitu saat kita harus membawa banyak koper yang besar.

Itulah mengapa saat liburan di Hongkong, kami sempat mencoba transportasi lain yaitu taksi. Kami hanya menggunakan taksi saat berpindah hotel dan saat akan menuju bandara. 

Perlu diingat walau taksi di Hongkong ada 3 jenis warna sesuai daerah operasi mereka, tetapi semua taksi bisa digunakan untuk perjalanan dari dan ke Hong Kong International Airport dan juga Hong Kong Disneyland.

Dan inilah beberapa hal yang kami rasakan setelah menggunakan taksi di Hongkong.

Harga Taksi di Hongkong

Tarif taksi di Hong Kong untuk 2 kilometer pertama adalah HKD24 lalu akan berlaku tarif HKD1.70 setiap 200 meter. Karena itu tarif taksi berasa berlari kencang, karena kenaikan tarifnya naik hanya per 200 meter. 

Sebagai patokan harga, kami naik taksi dari JJ Hotel Wanchai menuju Disney Explorer Lodge tarifnya kurang dari HKD300 sudah termasuk tarif tol/tunnel dan penyimpanan koper di bagasi. Kami juga naik taksi dari Citygate ke Bandara dengan biaya kurang dari HKD100.

Semua tarif yang dikenakan tertulis di argometer dan akan mereka cetak begitu kita sampai. Sehingga menurut saya taksi mereka cukup terpercaya soal tarif.

Taksi Hongkong vs Transportasi Online

Di Hongkong memang ada transportasi online yaitu uber. Tapi saat kami akan pindah hotel dari JJ Hotel ke Disney Explorer Lodge Hotel kami menanyakan ke resepsionis hotel tentang apakah pilihan transportasi terbaik antara taksi vs uber?

Mereka merekomendasikan untuk lebih baik menggunakan taksi biasa.

Penggunaan Bagasi Dihitung

Hal yang membedakan antara taksi di Indonesia dengan di Hongkong adalah soal bagasi. Mereka menerapkan tarif untuk penggunakan bagasi.

Naik Taksi di Bandara

Menurut saya, daripada menggunakan taksi dari Bandara ke hotel, lebih baik gunakan saja transportasi publik khusus bandara. Ada banyak alternatif. Satu yang kami gunakan adalah bus khusus bandara.

Sebagai perbandingan, dengan bus kami habis HKD100 berempat sedangkan jika dengan taksi bisa habis diatas HKD300 karena ada penambahan biaya bagasi dan juga biaya tol/tunnel.

Untuk penggunaan bus dari Bandara ke hotel, cukup cari informasi saja nomor bus dan tempat pemberhentiannya.

Cara Naik Taksi Di Hongkong

Sempat juga kami bingung bagaimana cara mendapatkan taksi di Hongkong. Intinya kita bisa menyetop taksi di berbagai tempat yang tidak ada larangan kendaraan berhenti.

Umumnya sopir taksi di Hongkong sudah bisa berbahasa Inggris walau tidak begitu lancar. Jadi tidak begitu merepotkan untuk menginformasikan tujuan kita.

Baca Juga : Berapa Biaya Liburan Ke Hong Kong ?


Click to comment